Monday, March 21, 2011

PENTINGKAH BERORGANISASI ???

PENTINGKAH BERORGANISASI ???
M. Sadli Umasangaji

Bagi sebagian mahasiswa mungkin berorganisasi akan dapat menghambat prestasi akademik, tidak ada manfaatnya, buang – buang waktu dan tenaga. Bahkan bisa memicu stres jika jadwal yang padat serta tak bisa membagi waktu dengan tugas tugas yang ada. Benarkah itu ? Ternyata tak selamanya berorganisasi dapat menghambat prestasi akademik ! Berorganisasi dengan menyibukkan diri dalam hal yang demikian ternyata banyak hal menarik yang bisa didapatkan bukan bermaksud ingin merasakan saja, tapi mendapat kemampuan mengatasi hal sulit didalam itu. Telah banyak orang membuktikannya. Melakoni peran-peran sulit dengan jabatan penuh tanggung jawab adalah sebuah investasi diri. Percayalah, suatu saat investasi itu akan terakumulasi sehingga menciptakan diri kita dengan pribadi yang tak pernah kita duga diawal. Kita akan memiliki sesuatu yang tidak akan pernah diajarkan dosen. Sebaliknya kita akan diajarkan oleh guru terbaik sepanjang hidup kita, yaitu pengalaman.
Pengalaman demi pengalaman akan membentuk pribadi kita ke arah positif. Dari situlah kita akan menguasai apa yang disebut softskill. Softskill adalah kemampuan yang takkan pernah kita dapatkan dari buku, teori ataupun litelatur manapun. Karena hal itu hanya bisa kita petik dengan mencoba, belajar dan melakukan.

Masa-masa remaja seringkali disebut masa-masa paling indah. Dan kenyataannya pandangan tersebut seringkali membutakan hati dan mempersempit pemikiran remaja. Padahal di masa itulah masa yang paling menentukan kita ke depan. Masa dimana visi ke depan menjadi acuan. Bukannya malah sekadar bersenang-senang. Mari jadikan hari ini adalah impian kita di hari kemarin, dan impian hari ini adalah kenyataan di hari esok. ”Kita semua hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, serta dari hari ke hari; dengan kata lain, kita adalah pahlawan dari cerita kita sendiri”.
So, sekarang kita sendiri yang tentukan berorganisasi atau tidak ? ”Bukan kemampuan kita yang menggambarkan siapa kita tapi pilihan kitalah yang menunjukkan siapa kita !”
Berorganisasi adalah wadah pencarian diri dan upgrade diri.Di Polttekes Ternate juga ada organisasi diantaranya Senat Mahasiswa, HMJ Gizi, dan UKM-UKM lainnya. So, Silahkan mencoba.
HIDUP MAHASISWA . . .

Sumber : Hasil interview, Pemikiran Pribadi dan Searching Google.

No comments:

Post a Comment